Hasil Lokakarya Fakultas Pertanian

  1. Fasilitas

Isu : R. LK atau HIMPRO di FAPERTA terpisah-pisah, sedangkan di Fakultas lain digabung (ada R. LK)

Saran : Dibentuk SC untuk seluruh FAPERTA.

 

Isu : Kelas yang overload

Ketersediaan Kursi tidak kurang (over kapasitas), namun masalahnya Rektorat (Dit. AP) terus menerima kuota akademik sampai berlebih à belum adanya koordinasi yang baik

Saran : untuk DIT AP : penempatan jadwal yang disesuaikan dengan kapasitas ruangan dan jumlah mahasiswa

 

Isu : Komputer di lab banyak yang rusak.

Saran : Lakukan perbaikan dengan segera.

 

Isu : Toilet

Sudah ada kemajuan dalam fasilitas seperti toilet, namun pemeliharaan dan pengawasan kurang.

 

Isu 1 : Air hanya bias diakses sampai jam 4 sore

Saran : bisa sampai jam malam

Isu 2 : Kebersihan mushalla : adanya bau tidak sedap

 

Isu : Adanya “pajak” untuk satpam

Karena Konsep parkiran untuk FAPERTA, MIPA dan FEMA : adalah GWW, GYM dan SC

Solusi : berdayakan parkiran (fasilitas) yang sudah ada.

 

Isu : Berlin menjadi R. masuk utama mhs namun Tata ulang welcome area berlin (manejemen parkir) dan pintu masuk berlin yang berbahaya ketika hujan.

Saran : Tata ulang pintu masuk Berlin dan parkiran di sekitarnya

 

Isu Mushalla : Mushalla FAPERTA tidak dapat diakses sampai malam

Saran : tambah ketersediaan mushalla iharapkan bisa diakses sampai jam-malam

 

Syahidah :

Kebersihan mushalla

Saran : fkrd berkordinasi dengan rohis setiap angkatan dan departemen untuk membuat jadwal piket mengelola mushola

2.       Palayanan Mahasiswa Masalah bagi fakultas –pencitraan

Isu : kurangnya sosialisasi event di departemen

Saran : berdayakan fasilitas yang ada karena departemen jg punya leavlet yang bisa diminta/di bagikan kpd mahasiswa daerah untuk kepentingan promosi IPB secara lebih jelas dan spesifik atau fakultas yang mengoordinir.

 

Isu 1 : Quisioner penilaian MK dan Dosen dari MK tersebut (sebagai penilaian standarisasi)

Isu 2 : Slide dan Modul MK diberikan di akhir.

Bagaimana bukti perunbahan sebagai follow-up dari quisioner tersebut ?

Bagaimana dengan hak akademik (mayor, interdept dan SC (terjkait perizinan) ?

Saran : Walaupun mahasiswa akan mencatat, namun sifatnya sebagai tambahan dari apa yang sudah ada di slide. oleh karena itu,,untuk menjaga juga hak cipta dari slide yang sudah di buat oleh dosen,,dosen diharapkan dapat memberikan print out slide d setiap awal kuliah,,tidak di akhir
tambahan

Isu : Materi kuliah àmateri kuliah jarang diupload di web

Saran : berdayakan fasilita, koordinasikan dengan coordinator MK dan Komdik.

 

Isu : Informasi akademin dan non-akademik terlambat.

Bagaimana sebenarnya proses penyampaiannya sampai –sampai terlambat ?

Solusi : bicarakan (koordinasikan) dengan Komdik/ koordinator MK. dan koordinasikan dengan dosen saat penetapan kontrak perkuliahan.

 

Isu  : Beasiswa àBeasiswa sering mendadak, sehingga sosialisasinya terhambat.

 

Isu : Sosialisasi nilai terhambat (nilai terlambat keluar,dll) dan berkas tidak dikembalikan.

Solusi :

  • Bicarakan (koordinasikan) dengan Komdik/ koordinator MK. dan koordinasikan dengan dosen saat penetapan kontrak perkuliahan, karena mhs bwrhak mengetahui nilainya.
  • Berdayakan fasilitas yang ada.

 

Isu : Pemberdayaan Web

IPB menempati peringkat ke-27 dalam hal publikasi di WEB. UGM menempati no. 1.

Masalah : publikasinya (dari rektorat ataupun mahasiswa dan dosen) masih kurang, belum ada koordinasi antar web fakultas.

Solusi : perbaiki koordinasi, berdayakan fasilitas.

 

Isu : modul dari perpus atau yang tersimpan (arsip) dept/fak kurang dan banyak yang hilang.

Saran : perawatan/pengawasan thd arsip  harus lebih ditingkatkan. Di update juga isi-isinya dan bisa dibersihkan secara berkala karena kalau berdebu, mahasiswa semakin enggan untuk men’colek’nya

3.       Tata Tertib

Isu : Bagaimana dengan acara organisasi yang terkadang melebihai Jam malam ?

Saran : Sebenarnya semua kegiatan diluar akademik tidak boleh melebihi jam malam fakultas, jadi setiap kegiatan diharapkan dapat mengatur waktu dalam melakukan suatu agenda agar tidak melebihi jam malam. Sudah ada sop kelembagaan sehingga diharapkan ada kejelasan terkait pihak yang mengeksekusi

 

Isu : Penggunaan loridor depan GK-A

masalah di dpn GKA à tidak hanya digunakan mhs FAPERTA, saat malam lebih didominasi oleh mhs di luar FAPERTA sehingga terkadang mengganggu mhs FAPERTA yang sedang mengadakan acara (akademik ataupun non-akademik) di FAPERTA.

Solusi : Harus dibuat dan disosialisasikan terkait Ketertiban penggunaan tempat dalam R. Lingkup FAPERTA

 

Isu : Banyak mahasiswa yang masih merokok di sekitar fakultas/di dalam kampus.

Saran : Saling membentu mengingatkan dan peraturan fakultas harus lebih disosialisasikan

4.       Kesejahteraan Mahasiswa

Isu : Sosialisasi mahasiswa terkait dengan proker BEM

Saran : lebih sering di publikasikan

 

Isu : Sms center à belum terpusan, belum ada system sms center yang baik (belum adanya sosialisasi sms center fakultas dan KM)

Solusi : BEM KM sudah membuat  system/ alur jarkom untuk mahasiswa.

 

Isu : POKJA tidak tepat sasaran àhal ini bergantung dari wawancara

Hal ini dipengaruhi kurangnya perhatian dari teman-teman di kelas.

Saran:L Buat tim khusus terkait kesejahteraan

 

Isu : Rekomendasi Beasiswa

Saran : bantu teman-teman di kelas yang mengalami masalah dalam hal kesehatan dan keuangan (beritahukan info/rekomendasi ttg beasiswa /berikan rekomendasi POKJA BEM KM)

 

Isu : Ketersediaan air di toilet dan mushalla

Saran : perlu dibuat cadangan air untuk shalat.

 

Isu : Pembagian hak di spot-spot tiap departemen faperta

mis : bawah tanggutà dinyatakan sebagai milik ARL sehingga mhs ARL dapat membangun sesuatu di spot tsb.

Jawab  : sudah ada peraturan terkait publikasi, namun kurang ter-sosialisasikan. Pihak dekanat dapat pula menentukan hal-hal apa saja hak dan kewajiban atas area itu.

 

Isu : kritik-dan masukan untuk dosen

Urgensi memberikan kritik terhadap dosen agar dapat sama-sama menaati kontrak perkuliahan

 

 

Isu : peta FAPERTAà agar mhsswa, dosen dan tamu tidak tersesat

Saran : Update peta FAPERTA agar memudahkan mahasiswa, dosen, dan tamu menemukan ruangan

 

Isu :  keterlambatan dosen

àDosen berhalangan hadir, Keterlambatan dosen saat pergantian jam merugikan mahasiwa.

Saran : kontrak perkuliahan terkait toleransi keterlambatan diharapkan tidak hanya berlaku untuk mhs, tetapi juga berlaku untuk dosen.

 

Isu : follow up lokakarya

Apakah rekomendasi terkait permasalahan dan solusi (hasil dari Lokakarya)

dari kita akan di follow-upoleh dekan tiap bulan ?

Saran : DPM membantu  mem-follow up dan memberikan Progress Report tiap bulan.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s