Peraturan Fakultas

PERATURAN LEMBAGA KEMAHASISWAAN

FAKULTAS PERTANIAN INSTITUT PERTANIAN BOGOR

TAHUN 2012

MUKADIMAH

Kemerdekaan yang telah dicapai oleh bangsa Indonesia  mengantarkan rakyat Indonesia ke era perjuangan, menegakkan kebenaran dan keadilan di muka bumi ini di dalam kedudukan  yang sejajar dengan bangsa lain. Perjuangan mempertahankan dan mengisi kemerdekaan belumlah selesai dan merupakan tanggung jawab seluruh masyarakat Indonesia.

Mahasiswa merupakan masyarakat intelektual dan sekaligus sebagai hamba Tuhan yang mempunyai hak untuk terus mengembangkan diri tidak hanya melalui kegiatan akademik, tetapi juga melalui kegiatan penalaran, minat, dan bakat serta meningkatkan kesejahteraan melalui organisasi mahasiswa intra kampus dan mempunyai tanggung jawab sebagai generasi penerus perjuangan bangsa dituntut mempunyai kepekaan yang tinggi terhadap realita masyarakat serta mampu menjawab setiap permasalahan yang timbul dengan didasarkan kepada nilai-nilai kebenaran dan keadilan. Pada tatanan ini benar-benar dilandasi akan arti penting lembaga kemahasiswaan sebagai wadah yang menghimpun potensi mahasiswa Institut Pertanian Bogor, sebagai wahana dan sarana pengembangan diri mahasiswa ke arah perluasan wawasan serta menampung aspirasi mahasiswa Institut Pertanian Bogor.

Atas dasar kesadaran dan tuntutan tanggung jawab tersebut, maka dengan mengharap ridho Tuhan, dengan ini kami mahasiswa Institut Pertanian Bogor menghimpun diri dalam suatu wadah yang dinamakan Keluarga Mahasiswa Institut Pertanian Bogor.

BAB I

KETENTUAN UMUM

Pasal 1

Mahasiswa Program Sarjana Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor menghimpun diri dalam Lembaga Kemahasiswaan Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.

Pasal 2

Lembaga Kemahasiswaan Fakultas Pertanian berkedudukan di lingkungan Keluarga Mahasiswa Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.

Pasal 3

Lembaga Kemahasiswaan Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor berasaskan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Pasal 4

Lembaga Kemahasiswaan Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor merupakan wadah mahasiswa di tingkat Fakultas dalam perguruan tinggi dan merupakan kelengkapan non struktural pada perguruan tinggi yang berhubungan secara kemitraan dengan institusi.

Pasal 5

Visi Lembaga Kemahasiswaan Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor adalah menyelaraskan pergerakan bidang keilmuan dan mengembangkan potensi mahasiswa Fakultas Pertanian untuk membangun pertanian Indonesia yang lebih baik dan bermartabat.

Pasal 6

Misi Lembaga Kemahasiswaan Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor adalah:

  1. Menjalin kolaborasi yang sinergis antar stakeholder Fakultas Pertanian
  2. Menjalankan program kerja yang menunjang keilmuan dan sesuai dengan minat-bakat mahasiswa Fakultas Pertanian
  3. Menjadi wadah aktualisasi dan pembentuk karakter mahasiswa Fakultas Pertanian
  4. Berperan aktif dalam pengabdian masyarakat dan kontrol sosial kebijakan pertanian Indonesia

BAB III

DEWAN PERWAKILAN MAHASISWA FAKULTAS PERTANIAN INSTITUT PERTANIAN BOGOR

Pasal 10

(1)   Anggota Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor adalah perwakilan mahasiswa dari setiap departemen di lingkungan Fakultas Pertanian dan / atau yang dipilih melalui pemilihan raya tingkat fakultas yang selanjutnya diatur dalam Surat Ketetapan Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.

(2)    Susunan Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor diatur dalam Rapat Pleno Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.

Pasal 11

(1)     Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor berwenang mengajukan dan mengesahkan Rancangan Peraturan Fakultas Lembaga Kemahasiswaan Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.

(2)     Rancangan Peraturan Fakultas dapat diajukan oleh Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor dan /atau Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor yang ketentuannya diatur dalam Surat Ketetapan Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.

Pasal 12

Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor memiliki fungsi legislasi, penganggaran, dan pengawasan yang mekanismenya diatur dalam Surat Ketetapan Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.

Pasal 13

Setiap anggota Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Pertanian memiliki hak inisiatif, hak angket, hak interpelasi, hak petisi, hak budget, dan hak imunitas serta hak memberikan pertimbangan dimana penggunaan hak tersebut diatur dalam tata tertib.

Pasal 14

Anggota Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor tidak diperkenankan memegang jabatan struktural pada Perangkat Eksekutif Lembaga Kemahasiswaan Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor lainnya pada satu periode kepengurusan yang bersamaan.

BAB III

BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA FAKULTAS PERTANIAN INSTITUT PERTANIAN BOGOR

Pasal 15

(1)          Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor dipimpin oleh Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.

(2)          Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor dipilih langsung oleh anggota Lembaga Kemahasiswaan Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor melalui Pemilihan Raya Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor yang ketentuan-ketentuannya akan diatur Surat Ketetapan Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.

(3)          Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor mewakili Fakultas Pertanian dan berkoordinasi dengan Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.

Pasal 13

(1)          Pelaksanaan kepengurusan Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian  Institut Pertanian Bogor dibantu oleh kabinet.

(2)          Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor berhak mengajukan Rancangan Peraturan Fakultas yang ketentuannya diatur dalam Surat Ketetapan Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.

Pasal 14

(1) Jika Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian mengundurkan diri / diberhentikan dari jabatannya / mangkat, maka kepengurusan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor dipimpin oleh Wakil Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor yang selanjutnya diangkat menjadi Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor sampai masa kepengurusan berakhir.

(2)   Pada masa tersebut Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian mengangkat Wakil Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian mahasiswa selambat-lambatnya 14 hari.

(3)   Jika Ketua dan Wakil Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor  mengundurkan diri / diberhentikan dari jabatannya / mangkat secara bersamaan maka kepengurusan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor dipimpin oleh Penanggung Jawab Sementara Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian yang berkoordinasi dengan Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.

(4)   Pada masa yang dimaksud pasal 14 ayat (3), Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor akan melaksanakan Sidang Istimewa dengan agenda penetapan Ketua dan Wakil Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor selambat- lambatnya 14 hari.

BAB IV

HIMPUNAN MAHASISWA PROFESI

Pasal 18

(1)      Himpunan Mahasiswa Profesi adalah adalah himpunan mahasiswa yang bergerak di bidang keprofesian sesuai disiplin ilmu pada setiap departemen dalam lingkup Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.

(2)      Mekanisme pembentukan dan pembubaran serta ranah kerja Himpunan Mahasiswa Profesi diatur dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga masing-masing Himpunan Mahasiswa Profesi yang tidak bertentangan dengan Ketetapan Dewan Perwakilan Mahasiswa Institut Pertanian Bogor dan Undang-Undang Dasar Keluarga Mahasiswa Institut Pertanian Bogor.

Pasal 19

Himpunan Mahasiswa Profesi memiliki hak otonomi untuk mengatur organisasinya dengan syarat tidak bertentangan dengan Undang-Undang Dasar Keluarga Mahasiswa Institut Pertanian Bogor, Peraturan Fakultas Lembaga Kemahasiswaan Fakultas Pertanian, dan AD/ART Himpunan Mahasiswa Profesi

BAB VI

Badan Pengawas Himpunan Mahasiswa Profesi

PASAL 20

(1)           Anggota Badan Pengawas Himpunan Mahasiswa Profesi Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor adalah anggota Himpunan Mahasiswa Profesi non-pengurus yang ketentuannya diatur dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Himpunan Mahasiswa Profesi Fakultas Pertanian.

(2)           Hak, wewenang dan kewajiban Badan Pengawas Himpunan Mahasiswa Profesi:

  1. Memiliki hak inisiatif, hak angket, hak bertanya, hak petisi, dan hak pertimbangan kepada pengurus Himpunan Mahasiswa Profesi
  2. Mengawasi, mengevaluasi, dan  memberi pertimbangan  kepada Himpunan Mahasiswa Profesi dalam melaksanakan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Himpunan Mahasiswa Profesi dan ketetapan lainnya;
  3.    Menyerap, menampung, dan merumuskan aspirasi anggota Himpunan Mahasiswa Profesi serta menyalurkannya kepada pengurus Himpunan Mahasiswa Profesi.

(3)           Badan Pengawas Himpunan Mahasiswa Profesi memiliki jalur koordinatif dengan Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Pertanian dan jalur instruktif dengan Himpunan Mahasiswa Profesi

(4)           Badan Pengawas Himpunan Mahasiswa Profesi bertanggung jawab kepada Rapat Umum Anggota Himpunan Mahasiswa Profesi.

BAB II

LEMBAGA KEMAHASISWAAN DI FAKULTAS PERTANIAN INSTITUT PERTANIAN BOGOR

Pasal 7

(1)  Lembaga Kemahasiswaan di Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor terdiri dari Dewan Perwakilan Mahasiswa, Badan Eksekutif Mahasiswa, dan Himpunan Mahasiswa Profesi setiap departemen yang terdapat di lingkup Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.

(2)   Pemilihan Ketua Lembaga Kemahasiswaan di Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor dipilih secara demokratis.

Pasal 8

(1)   Lembaga Kemahasiswaan di Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor berhak membuat peraturan Lembaga Kemahasiswaan di Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.

(2)   Peraturan Lembaga Kemahasiswaan di Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor tidak boleh bertentangan dengan Undang-Undang Dasar Keluarga Mahasiswa Institut Pertanian Bogor.

Pasal 9

Lembaga Kemahasiswaan di Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor memiliki hubungan koordinatif dengan Lembaga Kemahasiswaan Keluarga Mahasiswa Institut Pertanian Bogor.

BAB VIII

KEUANGAN

Pasal 21

Keuangan Lembaga Kemahasiswaan Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor dapat diperoleh dari:

(1)     Dana kemahasiswaan

(2)     Usaha-usaha yang halal dan sah serta tidak bertentangan dengan visi, misi, dan Peraturan Fakultas Lembaga Kemahasiswaan Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.

(3)     Sumbangan-sumbangan lain yang tidak mengikat serta tidak bertentangan dengan visi, misi, dan Undang-Undang Dasar Keluarga Mahasiswa Institut Pertanian Bogor.

Pasal 22

(1)          Rancangan Anggaran Keluarga Mahasiswa Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor sebagai wujud dari pengelolaan dana kemahasiswaan Keluarga Mahasiswa Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor ditetapkan setiap tahun dengan Surat Ketetapan Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor yang dilaksanakan secara terbuka dan bertanggung jawab untuk kepentingan mahasiswa.

(2)     Rancangan Anggaran Lembaga Kemahasiswaan  Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor diajukan oleh Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor untuk dibahas bersama Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor dengan berkoordinasi bersama seluruh Himpunan Mahasiswa Profesi di Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.

(3)     Apabila Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor tidak menyetujui Rancangan Anggaran Lembaga Kemahasiswaan  Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor yang diusulkan oleh Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor, lembaga kemahasiswaan Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor menjalankan anggaran Keluarga Mahasiswa Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor tahun yang lalu.

Pasal 23

Ketentuan keuangan lebih lanjut diatur dalam Ketetapan Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.

ATURAN PERALIHAN

Pasal 1

(1)   Peraturan Lembaga Kemahasiswaan Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor tidak dapat diamandemen selama masa peralihan yaitu dua tahun setelah tanggal ditetapkan.

(2)   Perangkat peraturan yang belum ada selama masa peralihan, aturan-aturan mengenai pelaksanaan pemerintahan Lembaga Kemahasiswaan Institut Pertanian Bogor menggunakan Undang-Undang Dasar dan Undang-Undang  Keluarga Mahasiswa Institut Pertanian Bogor selama tidak bertentangan dengan Peraturan Lembaga Kemahasiswaan Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.

PENJELASAN PERATURAN FAKULTAS LEMBAGA KEMAHASISWAAN

FAKULTAS PERTANIAN INSTITUT PERTANIAN BOGOR

(1)   Himpunan Mahasiswa Profesi yang sudah ditetapkan sebelum adanya Peraturan Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor keberadaannya diakui menurut Undang-Undang Dasar Keluarga Mahasiswa Institut Pertanian Bogor.

(2)   Himpunan Mahasiswa Profesi yang dimaksud pada Aturan Tambahan Pasal 1 Ayat 1 tidak dapat dibubarkan atas Undang–Undang Dasar Keluarga Mahasiswa Institut Pertanian Bogor Pasal 20 Ayat 2.

(3)  Fungsi legislasi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 dilaksanakan sebagai perwujudan Dewan Perwakilan Mahasiswa pemegang kekuasaan membentuk undang-undang.

(4) Fungsi anggaran sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 dilaksanakan untuk membahas dan memberikan persetujuan atau tidak memberikan persetujuan terhadap rancangan undang-undang tentang RKAT yang diajukan oleh Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian.

(5)                Fungsi pengawasan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 dilaksanakan melalui pengawasan atas pelaksanaan undang-undang dan RKAT.

(6)                Hak budget sebagaimana yang dimaksud dalam pasal 10 adalah hak untuk mengajukan Rancangan Anggaran Lembaga Kemahasiswaan  Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor

(7)                Hak imunitas sebagaimana yang dimaksud dalam pasal 10 adalah hak dilindungi pernyataanya dalam melaksanakan tugas-tugas kedewanan (kekebalan hukum) selama tidak bertentangan dengan tata tertib dan kode etik

(8)                 Hak inisiatif sebagaimana yang dimaksud dalam pasal 10 dan pasal 16 ayat (2) huruf a adalah hak untuk mengajukan Rancangan Undang-Undang

(9)      Hak angket sebagaimana yang dimaksud dalam pasal 10 dan pasal 16 ayat (2) huruf a adalah hak untuk mengadakan penyelidikan terhadap sesuatu

(10)  Hak interpelasi anggota Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor adalah hak untuk meminta keterangan kepada Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa  Fakultas Pertanian atau yang terkait

(11)  Hak petisi sebagaimana yang dimaksud dalam pasal 10 dan pasal 16 ayat (2) huruf a adalah hak untuk mengajukan usul atau saran

(12)  Hak memberikan pertimbangan sebagaimana yang dimaksud dalam pasal 10 dan pasal 16 ayat (2) huruf a adalah hak memberikan pertimbangan pada program kerja, kebijakan, atau suatu kasus tertentu, dll.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s